Peringatan Hari Kartini Bersama PKK

RatnaDewi 06 Mei 2018 19:13:54 WIB

SID-Raden Adjeng Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di jepara dan meninggal pada tanggal 17 September 1904 di kabupaten Rembang. Nama lengkap Raden Ajeng kartini adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, istri dari K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Kartini adalah wanita yang menyerukan kepada seluruh kaum wanita agar terus bersinar seperti harapannya yang ada di dalam buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Kartini merasa peran wanita di Indonesia sangat lemah karena harus dipaksa menikah dengan lelaki yang tidak dikenal, tidak bisa mendapatkan pendidikan dan jauh dari peradaban yang maju. Meskipun berada di rumah, R.A Kartini aktif dalam melakukan korespondensi atau surat-menyurat dengan temannya yang berada di Belanda. Sebab beliau juga fasih dalam berbahasa Belanda. Dari sinilah kemudian, Kartini mulai tertarik dengan pola pikir perempuan Eropa yang ia baca dari surat kabar, majalah serta buku-buku yang ia baca.

Untuk memperingati Raden Ajeng Kartini, kelompok PKK Desa Plembutan mengadakan lomba masak. Setiap dusun diwajibkan menghidangkan makanan karya sendiri yang bahan utamanya adalah singkong. Tidak sedikit Ibu-ibu PKK yang sangat kreatif dalam mengolah singkong, ada yang membuatnya menjadi kue, bergedel dan lain sebagainya. Dalam acara memperingati hari kartini ini Ibu Camat kecamatan Playen juga hadir dan memberikan masukan kepada Ibu-ibu PKK dalam mengolah makanan tradisional agar lebih kreatif lagi.

 

Komentar atas Peringatan Hari Kartini Bersama PKK

07 Mei 2018 18:03:26 WIB
Ternyta plembutan gudangnya kreatifitas olhan berbahan baku singkong.... Bravo pKK plembutan... Smgt, maju terus dg inovasi baru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar