Menulis Kreatif Bag 1

IBN 05 Desember 2018 09:13:47 WIB

Kenapa Harus Menulis ?

                Hai good readers, di awal perjumpaan kita kali ini, saya ingin membahas sedikit tentang alasan kenapa kita harus belajar menulis. Setelah sharing dengan beberapa penulis, ternyata mereka mempunyai alasan yang bermacam-macam yang menuntun mereka untuk menulis.  Menulis tidak melulu soal penghasilan. Catet ya, karena di Indonesia penghasilan untuk penulis juga tidak bisa terlalu diandalkan, kecuali kita merupakan penulis aktif yang sudah diterima media maupun publisher.

                Beberapa alasan mendasar adalah untuk sarana rekreasi jiwa. Entah penulis fiksi maupun non fiksi, mereka membutuhkan sarana untuk mengeluarkan ide-ide yang muncul di dalam otak, lalu mengolahnya menjadi bentuk yang bisa disampaikan kepada orang lain. Readers tentunya pernah merasakan kemunculan ide pada saat-saat yang tak terduga. Entah dari membaca, mengobrol, menonton ataupun pada saat jalan-jalan. Bisa juga di saat tidur dan bermimpi. Hal-hal kecil yang melintas itu bisa kita sebut ide. Dan ketika kita terus memikirkannya, maka meluapkan ide keluar dari pikiran kita adalah cara ampuh untuk relaksasi jiwa.

                Alasan untuk berbagi juga bisa menjadikan kamu sebagai penulis. Terlalu banyak hal baik yang ingin kamu lakukan dan kamu punyai, alangkah menyenangkannya apabila hal tersebut bisa kita bagi dengan orang lain di sekitar kita. Apalagi jika hal-hal sepele itu ternyata bisa bermanfaat besar bagi orang lain. Otomatis, pahala bisa kamu dapatkan dari hal yang tak terduga. That’s why, menulis juga beramal.

                Alasan menarik lainnya adalah untuk menciptakan kenangan. Dari kenangan untuk kenangan. Banyak hal tidak bisa kita nikmati di saat ini, tetapi ternyata dia muncul di masa depan sebagai kenangan yang mampu menginspirasi banyak orang. Contoh kecil misalnya ketika jaman belum maju dengan gadget, masih ada diary. Mungkin saat menulisnya kita hanya sekedar meluapkan perasaan senang, sedih, kagum atau…cinta. Saat itu, diary hanya wujud dari tulisan tentang kita saja. Akan tetapi di masa berikutnya, ketika kita membukanya lagi, kita mampu membangunkan kembali kenangan itu melalui cerita menarik, lucu atau semacam inspirasi masa lalu yang bisa kita gunakan untuk saat ini.

                Well, jadi kenapa harus menulis? Tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu membutuhkan alasan lebih kuat untuk berbagi dengan orang lain? Okey, sampai di sini semoga readers sadar, bahwa semua orang bisa menulis. Bahwa menulis adalah… apapun bagimu yang akan membawamu kepada kebaikan. Sampai jumpa di bagian selanjutnya… keep spirit!

(05122018  #Kakmells)

Pict.by old_book_and_paper_with_feather

 

Penulis :

Mell Shaliha, nama asli Ermawati. Kelahiran GK 29 Jan dan berdomisili di Plembutan Timur. Hobby menulis, membaca, menonton dan jalan-jalan. Aktif mengajar di KB Mutiara Hati Bangsa Plembutan. Organisasi kepenulisan FPNB (Forum Penulis Negeri Batu) dan KAPAS (Komunitas Penulis Anak Singkong ). Karya yang pernah ditulis Cerpen, Cerbung, Artikel, Puisi dan Novel. Bisa disapa melalui ig@mellshaliha atau Facebook Mell Shaliha.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar