BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN SEJARAH, LEGENDA, MITOS DAN CERITA RAKYAT TAHUN 2018

IBN 12 Desember 2018 08:46:37 WIB

KARANGREJEK – Dalam rangka mencapai visi-misi pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan BimbinganTeknis Penulisan Sejarah, Legenda, Mitos dan Cerita Rakyat Tahun 2018 bagi 13 Desa di beberapa kecamatan dan salah satunya adalah Desa Plembutan. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yang dimulai pada Senin (10/12) dan berakhir pada Selasa (11/12) di RM Numani.

                Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Sigit Permana menyampaikan bahwa setiap desa diharapkan mampu menuliskan cerita sejarah, legenda, mitos maupun cerita rakyat dari masing-masing desa dengan Bahasa Jawa, guna menambah daya tarik wisatawan yang masuk ke Kabupaten Gunungkidul secara optimal.

                “Ciri bangsa yang berbudaya biasanya mampu meninggalkan jejak sejarah yang dapat digali, serta mencoba memberikan jejak tertulis untuk anak cucu.” Paparnya. Angkatan ke-7 Bimtek Penulisan Sejarah ini menargetkan penerbitan buku sejarah desa di tahun 2019.

                Kepala Dewan Kebudayaan CB Supriyanto menambahkan, bahwa melestarikan budaya daerah dapat dicapai melalui proses melindungi, mengembangkan, memanfaatkan dan membina masyarakat di desa itu sendiri. Dalam pemaparannya CB Supriyanto menjabarkan berbagai penanggalan dan hitungan waktu sesuai sejarah untuk memudahkan peserta mengambil ancang-ancang dalam memulai tulisannya. Dimaksudkan agar tidak bergeser dari awal mula sejarah Kabupaten Gunungkidul dan urutan waktunya.

                “Pariwisata dan Budaya yang dikembangkan dan disesuaikan dengan Visi Misi Bupati Gunungkidul 2021 untuk menarik wisatawan agar ‘betah’ tinggal di Gunungkidul, tidak hanya datang pagi dan pulang petang. Berikut pendanaan dari pemerintah guna mendukung tercapainya misi tersebut juga telah dianggarkan.” Papar Sekretaris Dinas Kebudayaan, Siti Isnaini Tirtoningrum, SH.

                Bimtek Penulisan Sejarah Desa ini mengangkat dua nara sumber bidang kepenulisan sejarah Praktisi sejarah. Yusuf Efendy menyampaikan tata aturan kepenulisan dan format penulisan buku sejarah. Sedangkan penguatan Bahasa Jawa dan penulisan Aksara Jawa disampaikan oleh Praktisi sejarah Rachmat Sutekad. (Mells.red)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar