Forum Tertinggi Desa Plembutan Bahas RAPBDes 2018

IBN 21 Desember 2017 09:43:02 WIB

Plembutan (SID) - Rabu 20 Desember bertempat di Aula Balai Desa Plembutan, BPD Desa Plembutan menyelenggarakan Musyawarah Desa pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2018 (APBDes TA. 2018). Musdes yang merupakan forum tertinggi di Desa Plembutan ini dihadiri oleh BPD, Kepala Desa beserta seluruh Perangkat Desa Plembutan, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LPMD, LPMP, PKK, Karang Taruna), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perwakilan Paguyuban Mutiara Desa Plembutan serta Forum Disabilitas Desa Plembutan.

Didalam forum tertinggi ini BPD menyampaikan Rancangan APBDes TA. 2018 kepada peserta Musdes, dalam hal ini kehadiran peserta musdes bukan sekedar sebagai pendengar saja namu juga dapat memberikan tanggapan atau meminta kejelasan dari rencana kegiatan dalam APBDes 2018. RAPBdes TA. 2018 yang telah melalui proses pemeriksaan oleh Ispektorat dan juga pemeriksaan oleh Kecamatan ini pun mendapat tanggapan yang baik dari peserta musdes.

 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Plembutan menyampaikan beberapa hal terkait penyusunan Rancangan APBDes , diantaranya adalah pagu anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang jumlahnya lebih rendah daripada tahun 2017 bahkan jumlah penurunannya sangat signifikan. Dengan penurunan Dana Desa sebesar Rp.   134.338.000 dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.     28.920.900 menyebabkan akan ada beberapa kegiatan dalam RKPDes 2018 yang tidak terakomodir di dalam APBDes 2018. Namun Pemerintah Desa dan juga BPD selaku mitra kerjanya telah berkomitmen untuk dapat menindak lanjuti penghapusan kegiatan dalam RKPDes tersebut.

Adapun kegiatan dalam RKPDes yang belum dapat terakomodir dalam APBDes adalah :

  1. Pengadaan Sarana Prasarana Penerengan Jalan

Rencana Tidak Lanjut :

Permohonan pembangunan ke Dinas Perhubungan

  1. Penyuluhan Bahaya NAPZA dan Terorisme Kepada Pemuda

Rencana Tidak Lanjut :

Perluasan Output dalam kegiatan Pembinaan Kamtibmas

  1. Peningkatan Kapasitas Anggota BPD

Rencana Tidak Lanjut :

Perluasan Output dalam kegiatan Pembinaan Manajemen Pemerintahan Desa

  1. Pembinaan Keluarga Berencana (KB)

Rencana Tidak Lanjut :

Permohonan kegiatan ke UPT Puskesmas Playen 2

  1. Pembinaan Masyarakat Untuk Pencapaian Keluarga Sadar Gizi

Rencana Tidak Lanjut :

Permohonan kegiatan ke UPT Puskesmas Playen 2

 

Bapak Sunardi selaku Kasi PMD Kecamatan Playen yang turut hadir dan mendampingi jalannya Musdes ini membenarkan informasi tentang pagu anggaran DD dan ADD yang jumlahnya lebih rendah dari tahun sebelumnya, beliau juga sangat mengapresiasi jalannya Musdes yang dapat berjalan dengan baik dan penuh interaksi antara penyelenggara (BPD) dan juga peserta musdes.

Hasil dari Musdes ini akan kembali disidangkan oleh Pemerintah Desa dan juga BPD untuk dapat ditetapkan menjadi Peraturan Desa yang selanjutya akan dievaluasi oleh Bupati Gunungkidul melalui Camat Playen.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar