Plembutan Barat Selenggarakan Gelar Seni dan Tradisi Bersih Dusun

IBN 14 Juli 2018 22:01:52 WIB

SIDA Plembutan - Sabtu (14/7) Kepala Desa Plembutan membuka kegiatan bertajuk ' Gelar Seni dan Tradisi Bersih Dusun' di Padukuhan Plembutan Barat desa Plembutan. Acara yang berlasung di Balai Padukuhan setempat ini berlangsung dengan meriah. 

Tahun ini Panitia Bersih dusun telah menyiapkan serangkaian kegiatan yg rencananya akan dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari. Pada kesempatan ini pula panitia juga memperkenalkan Grup Seni Toklik baru yg bernama 'Plembayun Gunungkidul'. 

Acara pembukaan gelar seni ini mampu menyedot perhatian ratusan warga mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua yang tampak antusias menikmati suguhan berbagai macam hiburan mulai dari Tari Topeng Edan, Tari Soyong dan Tari Candi Ayu yang semuanya diperagakan oleh anak-anak dan pemuda darj Padukuhan Plembutan Barat dan Plembutan Timur. Acara semakin menarik dengan dilangsungkannya kesenian kethoprak yang diiringi kesenian Toklik Plembayun GK.

Bapak Joko Mulyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelar seni dsn rasulan ini terlaksan berkat kerjasama dan partisipasi seluruh warga.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Plembutan ketika membuka gelar seni ini, beliau sangat mengapresiasi partisipasi seluruh warga masyarakan dslam melangsungkan acara dan dalam melestarikan kebudayaan, baik kesenian-kesenian yang ditampilkan maupun budaya rasulan.

Rasulan yang memiliki makna syukur atas hasil pertanian ini memang harus diuri-uri. 

Sampai dengan berita ini diturunkan kesenian Kethoprak yang diiringi Toklik Plembayun masih berlangsung.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar