Syukuran, Kini Balai Desa Plembutan Di Lengkapi Gamelan

RatnaDewi 24 Januari 2019 14:21:43 WIB

SIDA - Musik Tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat yang diwariskan secara turun temurun dan dipertahankan sebagai sarana hiburan.

Jawa memiliki musik tradisional yaitu gamelan. Makna gamelan adalah seperangkat alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.

Gamelan Jawa berkembang pesat pada jaman Majapahit. Bahkan menyebar ke berbagai daerah seperti Bali dan Sunda.

Akan tetapi gamelan Jawa Tengah berbeda dengan gamelan Bali, berbeda juga dengan gamelan Sunda. Gamelan Jawa terbilang memiliki nada yang lebih lembut.

Untuk dapat melestarikan musik tradisional jawa, Perangkat Desa Plembutan mempelajari musik gamelan.

Belum ada 10 hari, kini Perangkat Desa Plembutan sudah mahir dalam memainkan musik gamelan. Bersama dengan Bapak Jasman yang dikenal sebagai pemain musik dan tinggal di Desa Plembutan dengan sangat senang hati membantu Perangkat Desa Plembutan untuk mempelajari musik tradisional.

Setelah mendapatklan gamelam dari Dinas Kebudayaan, Pemerintah Desa menggelar syukuran. Dalam acara syukuran tersebut, perangkat desa membuka acara dengan memainkan musik gamelan.

Dalam acara syukuran tersebut, Kepala Desa Plembutan juga memberitahukan kepada warga bahwa gamelan yang berada di Balai Desa Plembutan ini dapat dipergunakan untuk siapapun masyarakat Desa Plembutan yang ingin mempelajari musik gamelan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar