Mas Kus Berkreasi, Dari Plembutan Tembus Hingga Eropa

IBN 15 Maret 2019 11:11:49 WIB

PLEMBUTAN (SIDA) - Sudah menjadi hal umum dimasyarakat bila limbah kayu jati yang berupa ranting biasanya hanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar, namun hal ini tidak berlaku bagi Kusyanto (49) warga Dusun Plembutan Timur Desa Plembutan yang kesehariannya mengolah limbah kayu jati. Ditangan pria yang kerap dipanggil Mas Kus, limbah tersebut diolahnya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, melalui tangan kreatifnya kayu-kayu bekas disulap menjadi berbagai furniture yang unik dan berkelas, diantarannya meja, kursi tamu, kursi santai, rak sepatu, almari rotan, ayunan, dll. Selain mengolah ranting jati, Mas Kus juga berkreasi dengan rotan. Bahkan beberapa produk kerajinan miliknya  berhasil menembus pasar Internasional menuju Negeri Kincir Angin (red-Belanda). 

Tak disangka, usaha yang digeluti sejak tahun 2013 ini sudah masuk ke pasar seluruh Indonesia bahkan ke pasar internasional. Dengan dibantu oleh 4 karyawannya yang notabennya adalah warga dusun setempat, dalam satu hari Mas Kus dapat membuat 20 sampai 30 kursi dan diekspor setiap sebulan sekali. "Yang ekspor ke Belanda itu kursi yang terbuat dari batang kayu bekas, kalau meja dan kursi makan dipesan oleh pihak restoran di berbagai daerah di Indonesia" (kata Kusyanto).

Tak hanya melanyani pesanan ekspor atau beberapa perusahaan, Mas Kus juga menerima pesanan furniture dari warga sekitar yang meminati hasil karyanya. Bagi para pembaca yang berminat dengan produk kerajinan ranting jati ini dapat langsung datang ke rumah sekaligus bengkel kerajinan milik Mas Kus yang berlokasi dekat dengan Candi Plembutan  dan Balai Desa Plembutan yaitu di Padukuhan Plembutan Timur RT 14 RW 04 Desa Plembutan Kecamatan Playen Kab. Gunungkidul. Selain memesan produk yang sudah ada, Mas Kus juga melayani pembuatan produk dengan desain sendiri. (Sali)

Komentar atas Mas Kus Berkreasi, Dari Plembutan Tembus Hingga Eropa

umi h 15 Maret 2019 13:55:29 WIB
potensi desa perlu dikembangkan sehingga bisa membantu memajukan desa, memberikan lapangan pekerjaan, dan sumber pendapatan yang besar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar